PROPOSAL RENCANA USAHA
KERIPIK SINGKONG
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mengikuti Uji Kompetensi pada bidang study Bisnis Daring dan Pemasaran
Disusun Oleh :
AZHAR FIDAUS
NIS. 192010256
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 RANCAH
Jln. Rajadesa No. 412 Tlp. (0265) 2732615 Kode Pos 46387 Rancah
E-mail : smknsaturancah@yahoo.co.id
LEMBAR PENGESAHAN
Proposal ini telah disahkan oleh :
Ketua kompetensi keahlian pemasaran
PUJI ANIKMAH, S.Pd. NIP. |
Pembimbing
NANI SUKMANAWATI, S.Pd NIP. 197007182002122012 |
Kepala Sekolah
Drs. GATOT PURNOMO NIP. 196301011988031017 |
KATA PENGANTAR
Puji syukur yang sedalam-dalamnya senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan hidayatnya penulis mampu menyelsaikan proposal usaha Keripik Singkong ini dengan baik tepat pada waktunya.
Penyusun proposal ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti uji kompetensi (ujikom) tahun pembelajaran 2021/2022.
Proposal ini dapat terselsaikan dengan adanya bantuan dari berbagai pihak pembimbing materi maupun teknis. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Drs.Gatot Purnomo selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Rancah.
2. Ibu Puji Anikmah S.Pd selaku ketua program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Rancah.
3. Ibu Nani Sukmanawati S.Pd selaku pembimbing dan wali kelas dari SMK Negeri 1 Rancah.
4. Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan ini sehingga dapat terselsaikan dengan baik.
Penulis menyadari akan ketrebatasan dalam menyelsaikan proposal ini sehingga masih banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun.
Untuk perbaikan pada proposal selanjutnya penulis berdoa dan berharap mudah-mudahan segala kebaikan dan bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat, dan yang tersebut diatas semoga mendapatkan balasan yang sebesar-besarnya, Amin.
Rancah, April 2022
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A. Latar Belakang..................................................................................... 1
B. Visi....................................................................................................... 2
C. Misi....................................................................................................... 2
BAB II PELUANG USAHA......................................................................... 3
A. Analisis SWOT..................................................................................... 3
B. Marketing Mix...................................................................................... 3
C. Promotion............................................................................................. 4
D. Tempat (place)...................................................................................... 4
BAB III ANALISIS BIAYA.......................................................................... 5
A. Perhitungan Modal............................................................................... 5
B. Harga Jual............................................................................................. 5
C. Perhitungan Rugi/Laba......................................................................... 5
D. Analisis Keuntungan............................................................................ 5
BAB IV PENUTUP........................................................................................ 6
A. Kesimpulan........................................................................................... 6
B. Saran..................................................................................................... 6
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dewasa ini kebutuhan akan makanan yang bervariasi dan juga bernilai gizi tinggi telah mengalami peningkatan. Potensi salah satu komoditas pangan yang patut dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan ini adalah umbi-umbian seperti singkong. Selama ini, di daerah - daerah pedesaan, para petani hanya menjual singkong secara langsung tanpa mengalami proses pengolahan terlebih dahulu. Sehingga harga jualnya sangat rendah dan tidak bisa memberikan pendapatan lebih bagi para petani. Dengan mengetahui pemanfaatan dan produk-produk apa saja yang dapat dihasilkan dari singkong tentu akan mendorong dan memotivasi petani untuk memanfaatkan hasil pertaniannya agar memperoleh penghasilan yang lebih tinggi. Singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan juga bernilai gizi tinggi. Banyaknya produk olahan dari singkong menjadi alasan utama mengapa singkong perlu dikembangkan dalam pengolahannya. Dipilihnya singkong juga sangat tepat mengingat manfaat dan kegunaan singkong cukup luas, terutama untuk industri makanan. Banyaknya manfaat dan kegunaan dari singkong memungkinkan singkong lebih ditumbuhkembangkan di daerah - daerah sentra produksi singkong. Berbagai jenis produk olahan langsung terdiri dari produk olahan kering (misalnya keripik singkong dan kerupuk singkong) dan produk olahan semi basah (contohnya tape, getuk dan makanan tradisional lainnya). Untuk produk awetan olahan singkong dapat dijadikan produk tapioka dan turunannya, gaplek dengan produk turunannya (antara lain tiwul, nasi rasi (beras singkong), serta tepung singkong sebagai bahan baku untuk tiwul instan dan juga berbagai aneka kue. ( Purba, 2012)
Dari berbagai jenis makanan tersebut keripik singkong merupakan produk yang cocok untuk kalangan petani, selain proses pembuatannya yang cukup mudah, keripik singkong merupakan makanan ringan yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Bahkan keripik singkong menjadi ikon makanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh semua lapisan masyarakat.
Hal ini dapat kita lihat dengan semakin banyaknya usaha kecil menengah yang memproduksi keripik singkongApabila ditinjau dari aspek ekonomis usaha pembuatan keripik singkong mempunyai prospek yang menggembirakan. Karena dengan harga yang sangat terjangkau konsumen bisa menikmati keripik singkong yang renyah, gurih, dan nikmat. Seiring dengan popularitas dan memasyarakatnya kripik singkong sebagai makanan ringan yang lezat dan bernilai gizi tinggi, maka permintaan konsumen dan pasar terhadap kripik singkong di berbagai daerah terus meningkat.
B. Visi
Menjadikan makanan tradisional menjadi yang utama dan terfavorit di kalangan masyarakat luas.
C. Misi
· Selalu berinovasi dengan produk tradisional.
· Meningkatkan kualitas makanan tradisional.
· Mengutamakan kualitas dalam pelayanan sehingga konsumen puas.
BAB II
PELUANG USAHA
A. Analisis SWOT
1. Kekuatan (strength)
o Modal Terjangkau
o Mudah Didapat
o Tahan Lama
o Harga Terjangkau
2. Kelemahan(weakness)
o Mudah Hancur
o Mudah bau tengik jika sudah lama
o Mudah alot jika terkena angi terus menerus
3. Peluang(opportunity)
o Banyak Peminat
o Bisa menjual sebagai reseller
o Lokasi strategis
4. Hambatan(treath)
o Konsumen mudah bosan
o Pesaing yang banyak
o Banyak penjual cemilan yang lebih menarik sehingga keripik singkong mudah terbengkalai.
B. Marketing Mix
1. Produk(product)
Produk yang dihasilkan adalah keripik yang terbuat dari bahan utama Singkong.
2. Harga(price)
Harga per bungkus adalah Rp.5000 yang tergolong ekonomis untuk semua konsumen.
C. Promotion
Dalam melakukan promosi saya menawarkan ke warung-warung terdekat,pasar,terjun langsung ke masyarakat atau melalui media online seperti whatsapp,facebook,instagram dan lain sebagainya.
D. Tempat (place)
Tempat yang saya pilih untuk menjual produk yaitu warung-warung,pasar.Karena letaknya mudah dijangkau oleh masyarakat.
BAB III
ANALISIS BIAYA
PERHITUNGAN MODAL |
|
BAHAN |
HARGA |
Singkong 2 Kg Rp.1500 2 |
Rp.3000 |
Bawang Putih 1 ons |
Rp.2000 |
Penyedap Rasa |
Rp.3000 |
Minyak Goreng 1 liter |
Rp.27.000 |
Plastik 1 ons |
Rp.5000 |
Alat Transportasi |
Rp.5000 |
TOTAL |
Rp.45.000 |
HARGA JUAL |
|
Harga Beli Bahan Baku |
Rp.45.000 |
Harga Jual |
Rp.5000 |
Harga Jual Untuk Setiap Kali Produksi |
Rp.5000×14 =Rp.70.000 |
Perhitungan Laba/Rugi |
|
Pendapatan Dari Penjualan |
Rp.70.000 |
Harga Pokok Modal |
Rp.45.000 |
Laba |
Rp.25.000 |
Analisa Keuntungan |
|
Keuntungan Perhari |
Rp.25.000 |
Keuntungan Perminggu |
Rp.25.000 × 7 = Rp.175.000 |
Keuntungan Perbulan |
Rp.25.000 × 30 =Rp.750.000 |
Keuntungan Pertahun |
Rp.25.000 × 360 =Rp.9.125.000 |
BAB VI
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Demikian proposal ini saya susun dengan harapan permohonan pendirian perusahaan yang akan saya dirikan dapat diterima. Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia bisnis.
Saya menyadari bahwa dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, Maka untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran Bapak/Ibu yang sifatnya membangun guna sebagai bahan evaluasi saya untuk kedepannya agar lebih baik lagi.
Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan berpartisipasi dalam meyusun proposal ini, serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang saya dirikan dapat berjalan dengan lebih baik dan lancer.
B. SARAN
Penulis menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan proposal ini.
Demikian proposal ini, semoga kegiatan usaha penulis dapat berjalan dengan lebih baik dan penulis berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi penulis dan masyarakat.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan proposal ini sehingga dapat terselsaikan dengan baik dan tepat pada waktunya,sekian terimakasih.
0 Komentar