PROPOSAL RENCANA USAHA

KERIPIK SINGKONG

 

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mengikuti Uji Kompetensi pada bidang study Bisnis Daring dan Pemasaran

 

 

Cara Membuat Keripik Singkong dan Resepnya, Camilan Tengah Bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun Oleh :

AZHAR FIDAUS

NIS. 192010256

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 RANCAH

 

Jln. Rajadesa No. 412 Tlp. (0265) 2732615 Kode Pos 46387 Rancah

E-mail : smknsaturancah@yahoo.co.id


LEMBAR PENGESAHAN

Proposal ini telah disahkan oleh :

 

 

 

Ketua kompetensi keahlian pemasaran

 

 

 

PUJI ANIKMAH, S.Pd.

          NIP.

Pembimbing

 

 

 

NANI SUKMANAWATI, S.Pd

     NIP. 197007182002122012

 

Kepala Sekolah

 

 

 

Drs. GATOT PURNOMO

NIP. 196301011988031017

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur yang sedalam-dalamnya senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan hidayatnya penulis mampu menyelsaikan proposal usaha Keripik Singkong ini dengan baik tepat pada waktunya.

Penyusun proposal ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti uji kompetensi (ujikom) tahun pembelajaran 2021/2022.

Proposal ini dapat terselsaikan dengan adanya bantuan dari berbagai pihak pembimbing materi maupun teknis. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih  kepada :

1.      Bapak Drs.Gatot Purnomo selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Rancah.

2.      Ibu Puji Anikmah S.Pd selaku ketua program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Rancah.

3.      Ibu Nani Sukmanawati S.Pd selaku pembimbing dan wali kelas dari SMK Negeri 1 Rancah.

4.      Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan ini sehingga dapat terselsaikan dengan baik.

Penulis menyadari akan ketrebatasan dalam menyelsaikan proposal ini sehingga masih banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Untuk perbaikan pada proposal selanjutnya penulis berdoa dan berharap mudah-mudahan segala kebaikan dan bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat, dan yang tersebut diatas semoga mendapatkan balasan yang sebesar-besarnya, Amin.

Rancah,    April 2022

 

 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN........................................................................... i

KATA PENGANTAR................................................................................... ii

DAFTAR ISI................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1

A.    Latar Belakang..................................................................................... 1

B.     Visi....................................................................................................... 2

C.    Misi....................................................................................................... 2

BAB II PELUANG USAHA......................................................................... 3

A.    Analisis SWOT..................................................................................... 3

B.     Marketing Mix...................................................................................... 3

C.    Promotion............................................................................................. 4

D.    Tempat (place)...................................................................................... 4

BAB III ANALISIS BIAYA.......................................................................... 5

A.    Perhitungan Modal............................................................................... 5

B.     Harga Jual............................................................................................. 5

C.    Perhitungan Rugi/Laba......................................................................... 5

D.    Analisis Keuntungan............................................................................ 5

BAB IV PENUTUP........................................................................................ 6

A.    Kesimpulan........................................................................................... 6

B.     Saran..................................................................................................... 6

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Dewasa ini kebutuhan akan makanan yang bervariasi dan juga bernilai gizi tinggi telah mengalami peningkatan. Potensi salah satu komoditas pangan yang patut dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan ini adalah umbi-umbian seperti singkong. Selama ini, di daerah - daerah pedesaan, para petani hanya menjual singkong secara langsung tanpa mengalami proses pengolahan terlebih dahulu. Sehingga harga jualnya sangat rendah dan tidak bisa memberikan pendapatan lebih bagi para petani. Dengan mengetahui pemanfaatan dan produk-produk apa saja yang dapat dihasilkan dari singkong tentu akan mendorong dan memotivasi petani untuk memanfaatkan hasil pertaniannya agar memperoleh penghasilan yang lebih tinggi. Singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan juga bernilai gizi tinggi. Banyaknya produk olahan dari singkong menjadi alasan utama mengapa singkong perlu dikembangkan dalam pengolahannya. Dipilihnya singkong juga sangat tepat mengingat manfaat dan kegunaan singkong cukup luas, terutama untuk industri makanan. Banyaknya manfaat dan kegunaan dari singkong memungkinkan singkong lebih ditumbuhkembangkan di daerah - daerah sentra produksi singkong. Berbagai jenis produk olahan langsung terdiri dari produk olahan kering (misalnya keripik singkong dan kerupuk singkong) dan produk olahan semi basah (contohnya tape,  getuk dan makanan tradisional lainnya). Untuk produk awetan olahan singkong dapat dijadikan produk tapioka dan turunannya, gaplek dengan produk turunannya (antara lain tiwul, nasi rasi (beras singkong), serta tepung singkong sebagai bahan baku untuk tiwul instan dan juga berbagai aneka kue. ( Purba, 2012)

Dari berbagai jenis makanan tersebut keripik singkong merupakan produk yang cocok untuk kalangan petani, selain proses pembuatannya yang cukup mudah, keripik singkong merupakan makanan ringan yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Bahkan keripik singkong menjadi ikon makanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh semua lapisan masyarakat.

 

 

            Hal ini dapat kita lihat dengan semakin banyaknya usaha kecil menengah yang memproduksi keripik singkongApabila ditinjau dari aspek ekonomis usaha pembuatan keripik singkong mempunyai prospek yang menggembirakan. Karena dengan harga yang sangat terjangkau konsumen bisa menikmati keripik singkong yang renyah, gurih, dan nikmat. Seiring dengan popularitas dan memasyarakatnya kripik singkong sebagai makanan ringan yang lezat dan bernilai gizi tinggi, maka permintaan konsumen dan pasar terhadap kripik singkong di berbagai daerah terus meningkat.

 

B.     Visi

Menjadikan makanan tradisional menjadi yang utama dan terfavorit di kalangan masyarakat luas.

 

C.    Misi

·         Selalu berinovasi dengan produk tradisional.

·         Meningkatkan kualitas makanan tradisional.

·         Mengutamakan kualitas dalam pelayanan sehingga konsumen puas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELUANG USAHA

 

A.    Analisis SWOT

 

1.      Kekuatan (strength)

o   Modal Terjangkau

o   Mudah Didapat

o   Tahan Lama

o   Harga Terjangkau

 

2.      Kelemahan(weakness)

o   Mudah Hancur

o   Mudah bau tengik jika sudah lama

o   Mudah alot jika terkena angi terus menerus

 

3.      Peluang(opportunity)

o   Banyak Peminat

o   Bisa menjual sebagai reseller

o   Lokasi strategis

 

4.      Hambatan(treath)

o   Konsumen mudah bosan

o   Pesaing yang banyak

o   Banyak penjual cemilan yang lebih menarik sehingga keripik singkong mudah terbengkalai.

 

B.     Marketing Mix

1.      Produk(product)

Produk yang dihasilkan adalah keripik yang terbuat dari bahan utama Singkong.

2.      Harga(price)

Harga per bungkus adalah Rp.5000 yang tergolong ekonomis untuk semua konsumen.

C.    Promotion

Dalam melakukan promosi saya menawarkan ke warung-warung terdekat,pasar,terjun langsung ke masyarakat atau melalui media online seperti whatsapp,facebook,instagram dan lain sebagainya.

 

D.    Tempat (place)

Tempat yang saya pilih untuk menjual produk yaitu warung-warung,pasar.Karena letaknya mudah dijangkau oleh masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

ANALISIS BIAYA

 

PERHITUNGAN MODAL

BAHAN

HARGA

  Singkong 2 Kg              Rp.1500  2

Rp.3000

Bawang Putih 1 ons

Rp.2000

Penyedap Rasa

Rp.3000

Minyak Goreng 1 liter

  Rp.27.000

Plastik 1 ons

Rp.5000

Alat Transportasi

Rp.5000

TOTAL

  Rp.45.000

 

           

HARGA JUAL

Harga Beli Bahan Baku

Rp.45.000

Harga Jual

Rp.5000

Harga Jual Untuk Setiap Kali Produksi

Rp.5000×14 =Rp.70.000

 

Perhitungan Laba/Rugi

Pendapatan Dari Penjualan

Rp.70.000

Harga Pokok Modal

Rp.45.000

Laba

Rp.25.000

 

Analisa Keuntungan

Keuntungan Perhari

Rp.25.000

Keuntungan Perminggu

Rp.25.000 × 7 = Rp.175.000

Keuntungan Perbulan

Rp.25.000 × 30 =Rp.750.000

Keuntungan Pertahun

Rp.25.000 × 360 =Rp.9.125.000

 

BAB VI

PENUTUP

A.    KESIMPULAN

            Demikian proposal ini saya susun dengan harapan permohonan pendirian perusahaan yang akan saya dirikan dapat diterima. Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia bisnis.

            Saya menyadari bahwa dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, Maka untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran Bapak/Ibu yang sifatnya membangun guna sebagai bahan evaluasi saya untuk kedepannya agar lebih baik lagi.

            Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan berpartisipasi dalam meyusun proposal ini, serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang saya dirikan dapat berjalan dengan lebih baik dan lancer.

B.     SARAN

            Penulis menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan proposal ini.

            Demikian proposal ini, semoga kegiatan usaha penulis dapat berjalan dengan lebih baik dan penulis berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi penulis dan masyarakat.

Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan proposal ini sehingga dapat terselsaikan dengan baik dan tepat pada waktunya,sekian terimakasih.