BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
                Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan pembeda antara Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sesuai dengan program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah dirumuskan karena Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) melatih peserta didik untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan di sekolah, melatih peserta didik dalam kemandirian, mengenalkan peserta didik dalam dunia usaha. Karena belajar tidak harus perlu di dalam lingkungan sekolah saja, program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini telah ditetapkan setiap tahunnya bagi kelas XII.
                  Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah wujud dari pembelajaran sistem ganda yang merupakan perpaduan saling mengisi dan saling melengkapi antar pendidikan di sekolah dengan keahlian profesional yang didapatkan melalui pengalaman kerja. Praktik Dunia Usaha dan Industri dalam pelaksanaan pendidikan Sistem Ganda akan menjadi salah satu modal pendidikan yang paling efektif, mendekati kesenjangan antara suplay dan demand ketenaga kerjaan sesuai dengan kebijakan Departemen Pendidikan Nasional tentang Link dan Match.


                   Ada beberapa peraturan tentang Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan keputusan mentri. Adapun peraturan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1.      Tercantum pada UU.No.2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bingbingan, pengajaran, atau latihan bagi peranannya di masa yang akan dating.
2.      Peraturan No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menegah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anngota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
3.      Perturan Pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, serta Keputusan Menteri No.0490/1992 tentang Kurikulum SMK yang berisis bahwa dalam melaksanakan pendididkan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan di dalam sekolah dan pendidikan di luar sekolah Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah salah satu bentuk penyelengaaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik
dan sikron antara program pendididkan di sekoalh dan program pengusaha yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibemtuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu Pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarka tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesional  dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah hasil pembelajaran yang sudah dipelajari di bangku sekolah khususnya bidang multimedia dan diaplikasikan atau dikembangkan langsung kelapangan. Dengan adanya Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) kita bisa mengetahui hasil pembelajaran di sekolah.
                        Oleh karena itu agar anak didik mengenal lingkungan pekerjaan, maka program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini sangat tepat untuk membentuk suatu mental, kreatifitas dan produktifitas siswa supaya pada saat bekerja mereka sudah mempunyai persiapan yang cukup matang untuk bekerja.
1.2    Tujuan Penulisan Laporan
Laporan ini untuk menjelaskan tentang hasil kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di Mutiara Digital Printing Banjar. Dan untuk mengetahui perkembangan siswa-siswi selama mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
1.      Untuk mendorong peserta didik supaya mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh dari sekolah maupun pengalaman serta dapat menerapkan pembelajarannya tersebut ke dalam dunia industri.
2.      Sebagai latihan siswa-siswi dalam membuat sebuah laporan kegiatan dan Sebagai bukti bahwa siswa-siswi telah melaksanakan praktik yang telah di laksanakan di lapangan industri dan dunia usaha.
3.      Sebagai salah satu syarat agar siswa-siswi dapat mengikuti Uji Kompetensi serta dapat mengikuti perkembangan peserta didik dalam mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
4.      Sebagai tanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh sekolah kepada siswa-siswi selama mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
1.3    Kegunaan Laporan
        Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini di harapkan dapat berguna untuk :
a.       Pembaca Secara Umum
·         Sebagai sarana informasi
·         Sebagai wawasan mengenal Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
b.      Sekolah
·         Sebagai bukti bahwa  penulis telah melaksanakan Pratik Kerja Industri (PRAKERIN)
c.       Siswa selanjutnya
·         Sebagai contoh penulisan laporan Pratik Kerja Industri (PRAKERIN).
·         Untuk menambah wawasan.


Download File Wordnya Disini