BAB II
TEKNIK PEMBUATAN LAPORAN
2.1 Metode Pengumpulan Data
            Dalam penulisan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data melalui beberapa cara :
1.      Observasi Langsung
Metode ini dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung di Mutiara Digital Printing melalui Praktik yang kemudian diterapkan dalam bentuk kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
2.      Studi Pustaka dan Referensi
Teknik untuk mengumpulkan data dengan proses ini di lakukan dengan cara membaca buku-buku panduan serta mempelajarinya.
3.      Browsing
Hal ini dilakukan untuk melengkapi kekurangan dan menambah data dengan mencari data dalam media internet.


2.2 Waktu Pengumpulan Data
          Waktu pengumpulan data untuk penulisan laporan yaitu pada saat penulisan melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di Mutiara Digital Printing, pada tanggal 01 Februari 2018 sampai dengan 28 April 2018.
2.3 Tempat Pegumpulan Data
            Data-data untuk penulisan laporan hasil Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini diperoleh dari tempat penulis melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) yaitu di Mutiara Digital Printing.
2.4 Alat/Instrumen yang Digunakan dalam Pengumpulan Data
          Adapun alat instrument yang digunakan untuk menujang pelaksanaan pengumpulan data adalah sebagai berikut :
1.       Internet.
2.       Komputer dan Printer.
3.       Buku panduan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
4.       Flshdisk.





BAB III
LAPORAN KEGIATAN
3.1   Gambaran Umum Mutiara Digital Printing
 3.1.1 Sejarah
Nama Perusahaan                    : Mutiara Digital Printing
Alamat perusahaan                  : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 33 Kota Banjar
Telephon                                 : 081260606066
E_mail                                  : mutiaradigitalprinting@mutiaracorporate.com
Nama Pemilik                          : Iyus Roban
                       Percetakan Mutiara Digital Printing adalah sebuah perusahaan percetakan. Perusahaan ini didirikan oleh Bapak Iyus Roban beserta dukungan dari keluarganya. Percetakan Mutiara Digital Printing berdiri pada tahun 2012. Sebagai usaha kecil yang mandiri di bidang perceakan, selain melayani jasa percetakan untuk offline kami juga melayani komunitas online kala itu, dengan satu mesin outdoor dengan jumlah 3 orang karyawan kami memenuhi kebutuhan klien dengan sebaik mungkin.
                      Percetakan Mutiara Digital Printing pada awal tahun 2013, menjawab perkembangan jumlah klien, kami menambahkan jumlah mesin cetak kami menjadi 2 mesin outdoor yang menyusul. Seiring berjalannya waktu, kami menyesuaikan dengan kemajuan teknologi offset, kami kembali menambahkan mesin cetak indoor, mesin mug, mesin cutting setiker dan mesin laser a3 untuk memenuhi kebutuhan klien kami yang memebutuhkan cetak brosur, kartu nama, id card, undangan full color dengan hasil yang stabil dan cepat. Didalam pelayanan kami, kami selalu mengutamakan kepuasan dari konsumen, sebagai unit bisnis yang dikelola secara professional.
 Pecetakan Mutiara Digital Printing sampai saat ini menerima jasa Spanduk, Baligo, Banner, Y-Banner, X-Banner, Roll Up Banner, kartu nama, id card, undangan full color, Oneway Vision, Umbul-umbul, Sticker, Custom Decal, Backlite, Neonbox, dan lain sebagainya.









1.1.2      Visi dan Misi
ØVisi
“ Menjadi Perusahaan Digital Printing Professional, Berkarakter, Inovatif produktif yang dapat mengahsilkan sesuatu nilai tambah baru yang dapat memberi manfaat, serta mampu membuka lapangan pekerjaan yang menguntungkan. ”
ØMisi
“ Membangun Usaha Digital Printing yang mampu memberikan pelayanan dan kepuasan untuk pelanggan. Menciptakan sebuah inovasi untuk terciptanya nilai tambah didalam sebuah Produk yang dapat menguntungkan dan menciptakan peluang usaha baru. Menghadirkan Lapang Pekerjaan yang professional dengan situasi kerja yang produktif.